Pengertian Ekosistem dan Komponennya



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. 
Pada postingan kali ini saya ingin membagikan ilmu mengenai pengertian ekosistem dan komponen pembentuk ekosistem itu sendiri.


A. Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dapat dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi, dikatakan ekosistem karena memiliki hubungan dan terbentuk dari komponen-komponen penyusun biotik (hidup) dan abiotik (tidak hidup/mati), dan setiap komponennya memiliki peran masing masing dalam suatu ekosistem.

Pada suatu ekosistem, makhluk hidup dalam komunitas dapat berkembang secara bersama-sama dengan lingkungannya. Makhluk hidup tersebut akan beradaptasi dengan lingkungan dan makhluk hidup tersebut dapat memberi pengaruh terhadap lingkungannya. Kehidupan suatu komunitas dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya alamnya.

B. Komponen Ekosistem

Komponen ekosistem merupakan penyusun dari suatu ekosistem, dan komponen ekosistem di bagi menjadi 2 biotik (hidup) dan abiotik (tidak hidup).


1. Biotik 

Biotik adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu organisme. Komponen biotik merupakan suatu komponen yang menyusun ekosistem. Komponen biotik dibagi lagi menjadi 2 bagian : heterotrof (konsumen) dan pengurai (dekomposer)

a. Heterotrof ( konsumen )

Heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makananya sendiri tetapi memanfaatkan bahan - bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai makanannya. Komponen heterotrof disebut juga konsumen makro (fagotrof) karena makanan yang dimakan berukuran lebih kecil. 
contoh heterotrof adalah manusia, hewan, dan mikroba.

b. Pengurai ( dekomposer )

Pengurai atau dekomposer merupakan organisme yang tugasnya menguraikan bahan-bahan organik yang berasal dari makhluk hidup yang telah mati. Pengurai disebut konsumen makro ( sapotrof ). Hal ini karena makanan yang telah dikonsumsi memiliki ukuran yang lebih besar. Organisme pengurai menyerap sebagian hasil dari penguraian tersebut dan melepaskan bahan-bahan sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen, yang termasuk golongan pengurai atau dekomposer adalah bakteri dan jamur. Detritivor merupakan sebutan lain organisme pengurai seperti cacing, lintah, kutu kayu.
Dekomposer ada tiga jenis yaitu
  • Aerobik : oksigen adalah penerima elektron / oksidan
  • Anaerobik : oksigen tidak terlibat. Bahan organik sebagai penerima elektron /oksidan
  • Fermentasi : anaerobik namun bahan organik yang sudah teroksidasi juga sebagai penerima elektron. Komponen tersebut berada di suatu tempat serta berinteraksi membentuk kesatuan ekosistem yang teratur.

2. Abiotik 

Abiotik atau komponen tak hidup merupakan komponen komponen yang terdiri atas bahan-bahan tidak hidup (nonhayati), yang meliputi komponen fisik dan kimia, seperti tanah, air, matahari, udara, dan energi. Sebagian besar dari komponen abiotik memiliki beragam variasi dalam ruang dan waktu. Komponen abiotik berupa bahan organik, senyawa anorganik, serta faktor yang memengaruhi distribusi organisme, antara lain:

  • Suhu 

Suhu merupakan derajat energi panas yang berasal dari radiasi sinar, terutama yang bersumber dari matahari. Suhu udara berbeda-beda dari ekosistem satu dengan yang lainnya, bergantung pada letak garis lintang (latitude) dan ketinggian tempat (altitude). Makin dekat dengan kutub, suhu udara semakin dingin dan kering. Suhu merupakan faktor pembatas bagi kehidupan dan mempengaruhi keanekaragaman hayati di suatu ekosistem. Pada umumnya, makhluk hidup dapat mempertahankan hidupnya pada suhu lingkungan 0 derajat celcius sampai 40 derajat celcius. Beberapa jenis makhluk hidup melakukan hibernasi (tidak aktif) pada suhu yang sangat rendah, namun akan aktif dan berkembang biak apabila suhu lingkungan sudah kembali normal

  • Air 

Air mengandung berbagai jenis unsur atau senyawa kimia yang jumlahnya bervariasi, contohnya natrium, amonium, kalsium, nitrit, nitrat, dan fosfat. Jumlah unsur yang terkandung di dalam air bergantung pada kualitas udara dan tanah yang dilalui oleh air tersebut. Air dapat berubah wujud menjadi uap, cairan, atau es;,bergantung suhu lingkungan di sekitarnya. Volume air di bumi mencapai 1,4 milyar km³, sebagian besar berupa air laut dengan perincian 97% berupa air laut, 2% berupa gunung es di kedua kutub bumi, 0,75% berupa air tawar (mata air, airsungai, danau, air tanah), dan selebihnya berupa uap air.

  • Garam
Garam yang terdapat dalam tanah digunakan untuk pertumbuhan. Hewan dan manusia memerlukan garam mineral untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, mengatur kerja alat-alat tubuh, dan digunakan pada proses metabolisme.

  • Cahaya Matahari
Sinar matahari adalah sumber energi dari seluruh kehidupan yang ada dibumi.Sinar yang mencapai permukaan bumi dimanfaatkan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis dan diubah menjadi energi potensial dalam bentuk karbohidrat. Energi potensial yang dihasilkan oleh tumbuhan akan menjadi energi kinetik oleh hewan dan manusia.

  • Tanah dan Batu
Tanah merupakan komponen yang terbentuk akibat dari destruktif dan pembusukan senyawa organik. Tanah sendiri mengandung unsur unsur yang diperlukan oleh makhluk hidup misal mineral, garam, zat hara, dan lain-lain. Tanah dan batu terbentuk secara alami dan memerlukan proses puluhan hingga ratusan tahun 

  • Iklim

Iklim adalah kondisi cuaca rata-rata berdasarkan lamanya waktu untuk lokasi tertentu di suatu ekosistem.

Semoga ilmu dari berbagai sumber di atas mempermudah pembaca dalam memahami apa itu ekosistem dan komponen penyusunnya, sehingga kalau ada tugas pembaca sudah memahami tentang ekosistem itu sendiri

Wassalamualaikum

Thanks to Sumber :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ekosistem
  2. http://softilmu.blogspot.co.id/2014/01/pengertian-dan-komponen-ekosistem.html
  3. http://woocara.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-ekosistem-komponen-dan-tipe.html
  4. http://mudahbiologi.blogspot.co.id/2014/06/komponen-abiotik.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Powered by Blogger.

Links

Comment