LAPORAN KINETIKA REAKSI - KESIMPULAN & DAFTAR PUSTAKA



A.      Pembahasan dan Kesimpulan
1.    Pembahasan
Kinetika reaksi adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari berlangsungnya suatu reaksi. Kinetika reaksi menerangkan dua hal yaitu mekanisme reaksi dan laju reaksi. Pengertian Mekanisme Reaksi adalah dipakai untuk menerangkan langkah-langkah mana suatu reaktan menjadi produk. Laju Reaksi adalah perubahan konsentrasi pereaksi ataupun suatu produk dalam suatu satuan waktu.
Kecepatan reaksi atau laju reaksi adalah besarnya perubahan konsentrasi jumlah zat-zat dalam reaksi kimia tiap satuan waktu. Penentuan kecepatan reaksi melalui beberapa tahap. Setiap tahap terjadi karena adanya suatu tumbukan antar atom atau molekul. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah tumbukan atau kecepatan reaksi adalah konsentrasi, luas permukaan zat, temperatur, dan penambahan katalis. Kecepatan reaksi berbanding lurus dengan konsentrasi pereaksi. Semakin halus zat pereaksi pada permukaannya, sehingga kemungkinan terjadinya tumbukan lebih besar maka reaksi akan berlangsung lebih cepat.
Percobaan kali ini menggunakan larutan HCL dengan konsentrasi 1,0 M membutuhkan waktu 102 detik, HCL dengan konsentrasi 1,2 M membutuhkan waktu 96 detik, HCL dengan konsentrasi 1,4 M membutuhkan waktu 68 detik, HCL dengan konsentrasi 1,6 M membutuhkan waktu 58 detik, HCL dengan konsentrasi 1,8 M membutuhkan waktu 54 detik, HCL dengan konsentrasi 2 M membutuhkan waktu 43 detik, Data ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi HCl maka waktu yang dibutuhkan untuk melarutkan pita logam Mg semakin sedikit. Karena laju reaksi berbanding terbalik dengan waktu dan berbanding lurus dengan konsentrasi.
Orde reaksi merupakan jumlah semua eksponen dari konsentrasi dalam persamaan laju. Orde reaksi dapat dicari dengan membandingkan antara SD1 dan SD2. Standart deviasi pertama diperoleh dari perhitungan persamaan garis regresi pangkat 1, kemudian dimasukkan pada rumus standar deviasi begitu pula pada standar deviasi kedua, hanya saja menggunakan persamaan garis regresi pangkat 2. Konsentrasi pada pangkat dua diperoleh standar deviasi lebih kecil . Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa orde reaksi 2 karena SD1 > SD2.

2.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
a.  Konsentrasi yang besar dapat mempercepat suatu reaksi karena konsentrasi pereaksi lebih besar berlangsung lebih cepat dari pada reaksi yang sama dengan konsentrasi pereaksi yang lebih kecil
b.  Suhu yang tinggi dapat mempengaruhi lajunya suatu reaksi
c.   Luas permukaan dapat mempengaruhi laju dari suatu reaksi
d.  Pemberian katalis dapat mempercepat laju reaksi tetapi tidak mengalami perubahan yang kekal dalam reaksi
e. Konsentrasi berbanding terbalik dengan waktu yang dibutuhkan untuk beraksi dan berbanding lurus dengan laju reaksi. Semakin besar molaritas HCl yang digunakan, semakin sedikit waktu yang digunakan


DaftarPustaka
Siregar, TirenaBahnur. 2008. Kinetika Kimia Reaksi Elementer. Medan. Usu press.
Oxtoby, dkk.2001. Prinsip-prinsip Kimia Modern edisi keempat jilid 1. Jakarta: Erlangga
Chang, Raymond.2005. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti edisi ketiga jilid 2. Jakarta : Erlangga
Supardi. Dkk. 2008. Kimia Dasar II. Semarang : PT UNNES Press.
Utami, Budi. Dkk. 2009. Kimia Untuk SMA/MA KELAS XI Program Ilmu Alam. Jakarta






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

comments

Powered by Blogger.

Links

Comment