TINJAUAN PUSTAKA TAHUN 2000



Berikut ini merupakan sebagian tinjauan pustaka protein diantara tahun 2000 sampai 2012

Sebuah protein adalah makromolekul polimer yang terbuat dari blok bangunan asam amino diatur secara linear rantai dan bergabung bersama oleh ikatan peptida. Struktur primer biasanya diwakili oleh urutan huruf selama 20 huruf alfabet yang terkait dengan amino 20 alami asam. Protein adalah blok bangunan utama dan molekul fungsional sel, mengambil hampir 20% dari berat sel eukariotik, kontribusi terbesar setelah air (70%). struktur protein prediksi adalah salah satu masalah yang paling penting dalam biologi komputasi modern. Oleh karena itu menjadi semakin penting untuk memprediksi struktur protein dari urutan asam amino, dengan menggunakan wawasan yang diperoleh dari sudah diketahui struktur sekunder structures (Vidisha, 2012).

Kontroversi telah ada lebih dari keamanan dan efektivitas dari asupan protein atas yang saat ini direkomendasikan. Saat ini, RDA untuk protein pada orang dewasa yang sehat adalah 0,8 g / kg berat badan per hari. Tujuan dari rekomendasi ini adalah untuk menjelaskan perbedaan individu dalam metabolisme protein, variasi dalam nilai biologis protein, dan kerugian nitrogen dalam urin dan feses. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan jumlah optimal protein untuk berolahraga individu. Faktor-faktor ini termasuk kualitas protein, asupan energi, asupan karbohidrat, modus dan intensitas latihan, dan waktu asupan protein (Richard, 2007).

Volumetri / pengukuran nanometri, dan gravimetri pengukuran, dapat dilakukan secara bersamaan pada sistem adsorpsi gas yang sama dalam instrumen tunggal. Adsorpsi gas murni ini tidak akan menyebabkan informasi baru pada sistem karena kedua metode mengarah pada hasil yang sama, mengurangi massa fase absorbansi. Biner campuran gas adsorpsi pengukuran ini memungkinkan seseorang untuk menentukan massa kedua komponen adsorbat tanpa menganalisis (sisa) campuran gas adsorpsi, tanpa perlu kromatografi gas atau massa spectrometer (Jürgen, 2005).

Prinsip metode Bradford adalah adanya ikatan antara protein dengan CBB-G250 dalam keadaan asam. CBB yang awalnya berwarna merah akan berubah warna menjadi biru pada saat berikatan dengan protein sehingga terjadi perubahan panjang gelombang pewarna dari 465 nm menjadi 595 nm (Walker, 2002).

Dasar penggunaan metode spektrofotometri adalah dengan menggunakan metode Lowry dan Bradford. Prinsip metode Lowry adalah terbentuknya warna biru akibat penambahan pereaksi Folin Ciocalteau dan Biuret. Terbentuknya warna biru tersebut disebabkan oleh reaksi ion Cu 2+ dengan ikatan peptida dalam larutan alkalis pada saat penambahan pereaksi biuret serta terjadinya reaksi reduksi pereaksi Folin Ciocalteau dengan asam amino dalam protein (Kolakowski, 2012).

DAFTAR PUSTAKA :

Vidisha, 2012. PROTEIN STRUCTURE PREDICTION USING SUPPORT VECTOR MACHINE. International Journal on Soft Computing ( IJSC ) Vol.3, No.1, February 2012
Richard B Kreider, 2007. International Society of Sports Nutrition position stand: protein and exercise. Journal of the International Society of Sports Nutrition 2007
Jürgen U. Keller, Reiner Staudt, 2005. VOLUMETRIC - GRAVIMETRIC MEASUREMENTS. Gas Adsorption Equilibria
Kolakowski E. 2010. Methods of Analysis of Food Components and Additives. Florida: CRC.
Walker JM. 2002. The Protein Protocols Handbook. Totowa: Humana.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Powered by Blogger.

Links

Comment